Alamat Tahfizh

Jorong Bingkudu, Nagari Candang Koto Lawah, Kec. Candung, Kab. Agam.

SELENGGARAKAN MUSABAQAH HIFZHIL QUR’AN Se KECAMATAN

Rumah Tahfizh Ibnu Nazar Berharap Anak-Anak Tambah Semangat Menghafal Qur’An dan Kegiatan Tahfizh Dapat Memasyarakat

Alhamdulillah akhir akhir ini kegiatan menghafal alqur’an sudah mulai banyak tumbuh di beberapa daerah khususnya perkotaan namun untuk tingak pedesaan / nagari di Sumatera Barat masih sangat minim dan kebanyakan masih sebatas belajar membaca alquran baik informal di rumah seorang guru tua atau lebih formal melalui Taman Pendidikan Alqur’an / Madrasah Diniyah Awaliyah yang biasanya dipusatkan di mushalla atau mesjid yang sudah memiliki perencanaan lebih sistematis. Kegiatan membaca alqur’an lebih difokuskan kepada kemampuan untuk membaca alqur’an secara benar sesuai ilmu tajwid yang dilanjutkan dengan membaca memakai irama seperti nahawan, hijaz dll, sementara menghafal bisa disebut tingkat berikutnya selain membaca dengan benar juga menghafal di luar kepala sebagaimana diajarkan rasulullah, para sahabat dan tabiin. Dilatarbelakangi hal tersebut maka Rumah Tahfizh & Tahsin Ibnu Nazar yang sudah berdiri sejak pertengahan November 2021 di Jorong Bingkudu Nagari Canduang Koto Laweh Kabupaten Agam membulatkan tekad untuk melaksanakan kegiatan Musabaqah Hifzhil Quran (lomba menbaca hafalan qur’an) Tingkat Sekolah Dasar Se Kecamatan Canduang dengan harapan selain sarana motivasi anak anak yang sudah melakukan hafalan qur’an sekaligus memasyarakatkan kebiasaan menghafal quran mengingat selama ini yang dilakukan berpuluh-puluh tahun setiap bulan ramadhan hanyalah lomba membaca alqur’an atau dikenal Mushabaqah Tilawatil Qur’An.

sambutan dari pengurus keluarga pendiri rumah tahfizh ibnu nazar

Pelaksanaan Musabaqah Hifzil Qur’An pun waktunya dilaksanakan pada siang hari semenjak pagi sampai shalat ashar yang berbeda dengan kebiasaan musabaqah tilawatil qur’an dilaksanakan malam hari setelah tarawih sampai subuh dengan tujuan menghindari dampak negatif yang tidak diinginkan. Setelah persiapan dilakukan secara maksimal maka dilaksakanlah lomba pada hari Ahad Tanggal 9 Mei 2021 bertempat di Rumah Tahfizh Ibnu Nazar sendiri yang diikuti secara antusias oleh anak anak tingkat Sekolah Dasar/ Madrasah Ibtidaiyah Se Kecamatan Canduang dengan peserta sebanyak 30 orang.

Meskipun peserta berasal dari beberapa tempat menghafal qur’an namun ternyata pemenang semua diraih oleh anak anak yang belajar di Rumah Tahfizh Ibnu Nazar sehingga menjadi sebuah syukur dan kebahagiaan tersendiri bagi pendiri maupun pengelola Rumah Tahfizh Ibnu Nazar. Alhamdulillah dengan kegiatan lomba tahfizh, anak anak sangat termotivasi untuk menambah hafalannya dan masyarakat juga antusias menyaksikan khususnya orang tua yang anak-anaknya sudah belajar di Rumah Tahfizh Ibnu Nazar.

Disamping kegiatan lomba, pengurus Rumah Tahfizh Ibnu Nazar juga melakukan kegiatan pembagian paket lebaran kepada para ustaz-ustazah yang telah mengabdikan dirinya dengan sabar mendidik anak anak di Rumah Tahfizh Ibnu Nazar sebanyak delapan orang. Meski nilainya tidak seberapa tapi pembagian paket ini merupakan wujud kedekatan dan terima kasih pengurus kepada ustaz-ustazah sekaligus memupuk ukhuwwah sesama keluarga besar Rumah Tahfizh Ibnu Nazar.

Semoga kegiatan lomba tahfizh ini sesuai harapan pengurus dapat berlanjut pada waktu waktu berikutnya dengan lebih baik dan juga menjadi motivasi bagi seluruh lapisan masyarakat untuk membiasakan menghafal quran sejak lingkungan keluarga masing masing. Amiin. (Disusun oleh Erianto Nazar)

Share Artikel Ini

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.